dr. Asti Praborini, SpA, IBCLC atau biasa disapa dr. Rini adalah seorang nenek dari ibu yang menyusui putrinya hingga 2 tahun. Menyelesaikan pendidikan dokter umum di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia pada tahun 1980, pada 1990 beliau melanjutkan pendidikan spesialis Anak di universitas yang sama . Tahun 2007 beliau menjalani pendidikan Ahli Laktasi dan mendapatkan gelar International Certified Lactation Consultant (IBCLC).

dr. Rini memiliki pengalaman kerja yang luas. Beliau pernah berkeliling Indonesia mengikuti suami yang bekerja sebagai anggota kepolisian ke provinsi Irian Jaya, Bali, Bengkulu, Nusa Tenggara Barat, dan Jawa Timur. Beliau merupakan pendiri forum perduli ASI ( Air Susu Ibu ) di Provinsi Nusa Tenggara Barat dan kota Kediri, sampai saat ini beliau masih sangat aktif dan eksis dalam forum tersebut. Pengalaman 24 tahun sebagai dokter anak telah meyakinkannya bahwa tidak ada yang dapat menggantikan manfaat menyusui bagi ibu dan bayi. dr. Rini terus berkampanye tentang manfaat menyusui dibalik terjangan marketing susu formula. Ia membangun tim konselor laktasi berbasis medis, pertama di Indonesia yang bekerja secara fokus membantu para ibu menyusui.

 

dr. Rini pernah menerima penghargaan Mahasiswa Teladan UI tahun 1979, dan menjadi Dokter Teladan Provinsi Irian Jaya dan LKC ( Layanan Kesehatan Cuma-Cuma ) Award tahun 2011. Saat ini ia aktif dalam berbagai kepengurusan diantaranya sebagai ketua AKLII (Asosiasi Konsultan Laktasi Internasional Indonesia).